Kamis, 30 April 2015

Makanan Langka Melayu yang Jarang Ditemui !



Bagi Kalian pencinta kuliner,kalian pernah tidak mendengar makanan melayu "Kue Asidah" ? Makanan ini sudah sangat langka di kalangan orang melayu muda saat ini,nah,Kali ini saya memposting sebuah resep makanan yang sudah jarang ditemui di Riau karena kurangnya pengenalan dari generasi tua kepada generasi muda. Saya sangat menyayangkan jika warisan budaya melayu ini tidak dikenali oleh masyarakat Indonesia khususnya orang Riau. Diharapkan resep ini dapat dikembangkan kembali oleh masyarakat sebagai salah satu juadah khas Melayu Riau.


Bahan :
- 2 gelas tepung terigu
- 1 butir telur ayam
- 1 gelas gula pasir
- 3 gelas air
- 2 biji bunga cengkeh dan 1 cm kulit kayu manis (ditumbuk halus)
- 1 ons bawang diiris goreng kunig kecoklatan
- 100 gram mentega di cairkan
- 1/2 sendok teh garam
- 6 sendok makan minyak untuk menggoreng bawang
- 1 lembar daun pandan dimemarkan

Cara Membuat :

  1. Bawang di iris lalu di goreng hingga kuning kecoklatan, angkat ditiriskan minyaknya.
  2. Masukkan mentega kedalam minyak bekas menggoreng bawang hingga mentega mencair dan menyatu dengan minyak, lalu angkat.
  3. Tepung diayak lalu diaduk bersama gula pasir + air 3 gelas air + garam + kocokan telur ayam + bubuk bunga cengkeh, kulit kayu manis + daun pandan, lalu adonan diaduk rata sampai semua larut.
  4. Saring adonan kedalam wajan hingga menghasilkan adonan yang halus, dimasak diatas api sedang diaduk dan masukkan campuran mentega dan minyak sedkit demi sedikit sisakan kira-kira 5 sendok untuk olesan, diaduk terus hingga menjadi adonan yang licin dan tidak lengket.
  5. Angkat adonan lalu dibentuk didalam piring sesuai dengan keinginan, olesi campuran mentega dan minyak lalu taburi bawang goreng, Asidah sudah siap untuk dinikmati.
ES LAKSAMANA MENGAMUK


Resep Minuman Laksamana Mengamuk – Minuman yang mempunyai nama unik ini merupakan asli berasal dari Pekanbaru Riau. Minuman tradisional ini juga memiliki rasa yang khas, yakni aroma mangga kweni bakal menggoda Anda untuk mencicipinya. Bagi Anda yang ingin menikmatinya, kini Anda tak perlu jauh-jauh datang pergi ke Riau. Karena kami sudah menyediakan resep minuman laksamana mengamuk agar Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.
Bahan Es Laksamana Mengamuk:
  • Mangga kweni, dikupas, dipotong – potong kotak 300 gram
  • Kelapa muda 1 buah dikeruk panjang
  • Selasih 1 sendok teh yang direndam
  • Es batu 600 gram
Bahan Kuah:
  • Santan dari 1 butir kelapa 600 ml
  • Garam ¼ sendok teh
  • Daun pandan 3 lembar diikat simpul
Bahan Sirup:
  • Air 250 ml
  • Gula pasir 250 gram
  • Garam ¼ sendok teh
  • Daun pandan 2 lembar diikat simpul
Cara membuat Es Laksamana Mengamuk:
  1. Kuah, rebus santan, garam, dan daun pandan sambil diaduk sampai mendidih. Dinginkan.
  2. Sirup, rebus air, gula pasir, garam, dan daun pandan di atas api kecil sampai mengental. Dinginkan.
  3. Tata mangga, kelapa muda, selasih, dan es batu dalam mangkuk.
  4. Sajikan bersama kuah dan sirupnya.
Nah ! Begitulah resep minuman yang kami tuliskan untuk Anda. Mudah sekali kan?. Dengan kreasi minuman seperti ini tentu akan menambah keistimewaan hari-hari Anda bersama keluarga di rumah.Santai di rumah dengan keluarga sambil menikmati makanan ini pasti sangat nikmat,terima kasih,selamat mencoba ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar